Menurut laporan dari Email Statistics Report dari Radicati Group, jumlah akun email bisnis diperkirakan masih mengalami pertumbuhan dengan tingkat rata-rata per tahun sekitar 5 persen dalam 4 tahun ke depan dan mencapai lebih dari 1,1 miliar pada akhir tahun 2015 atau 23 persen dari akun email sedunia. Laporan tersebut juga memperlihatkan pada tahun 2017 jumlah email bisnis yang dikirim dan diterima akan meningkat 7 persen dari angka pada tahun 2013, dari 100,5 miliar menjadi 132,1 miliar. Sedangkan jumlah email consumer, seperti yang disediakan Gmail atau Yahoo, yang dikirim dan diterima per hari akan memperlihatkan penurunan 4 persen menjadi 74,5 miliar.  Kita coba lihat sekilas latar belakang yang mungkin bisa memberikan gambaran mengapa  zimbra on cloud dapat menjadi solusi yang efektif.

Mayoritas perusahaan dan kalangan bisnis di Indonesia diketahui masih menggunakan solusi email yang terlalu mahal dan rumit untuk dikelola. Pada akhirnya mereka memilih untuk menggunakan solusi email level consumer yang umumnya memiliki kekurangan dalam hal security dan service level aggrement (SLA).

Zimbra on CloudZimbra yang telah memiliki rekam jejak yang sudah terbukti dan dipercaya oleh banyak brand global. Bersama Zimbra bisnis di Indonesia akan memiliki masa depan yang luarbiasa.  Dengan adanya dukungan Zimbra, telah menjadi kekuatan pemasaran untuk meraih pengguna dari kalangan bisnis tanah air.  Sebagai Partner dari Zimbra, tentu saja kami menyediakan akses yang lebih besar ke Zimbra, khususnya untuk organisasi yang menghargai manfaat solusi kolaborasi yang dibangun di platform terbuka yang luas dan memiliki standar.

Di lingkungan bisnis yang ada saat ini, keberadaan sebuah data center merupakan aset yang dibutuhkan untuk mendukung operasional bisnis. Akan tetapi kita juga paham bahwa tidak semua perusahaan mampu untuk memiliki data center sendiri dan untuk perusahaan yang memiliki data center pun, pada umumnya harus menyiapkan sejumlah profesional serta sumber daya IT dengan jumlah yang cukup signifikan.

 

Layanan Cloud

Perkembangan teknologi yang sangat cepat dewasa ini telah memberikan banyak solusi alternatif untuk perusahaan dalam menjalankan serta mengembangkan bisnisnya. Layanan Cloud Computing memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dari data center tanpa harus membangun dan mengelola data center sendiri.

Perusahaan dapat fokus menjalankan bisnis intinya dan dapat merespon peluang-peluang baru dengan lebih cepat. Selain produktivitas, pada pengembangan bisnis, dengan rumus yang tepat – dan strategi Cloud Computing yang benar – perusahaan juga dapat memaksimalkan laba atas investasinya (ROI).

Solusi Cloud Computing yang fleksibel serta disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing dapat memberikan banyak keuntungan yang bermanfaat guna membantu organisasi untuk lebih cekatan dalam menjalankan bisnisnya. Layanan Cloud Computing, menawarkan ketangkasan, skalabilitas, serta efisiensi anggaran. Selain itu, layanan Cloud Computing memainkan peranan penting sebagai fondasi untuk bisnis digital di masa depan.

 

Manfaat

Berikut adalah 4 alasan mengapa harus mempertimbangkan layanan Cloud Computing:

  1. Meningkatkan kecepatan bisnis, sifatnya yang fleksibel mendukung perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya yang kemudian memberikan kecepatan kepada perusahaan guna mempertahankan daya saing di pasar yang dinamis.
  2. Efektivitas biaya, Penggunaan server virtualisasi yang telah dioptimalkan akan memberikan efisiensi belanja modal untuk perusahaan.
  3. Bisnis digital, Gartner memperkirakan bahwa 35 miliar perangkat akan terhubung dengan internet pada tahun 2020. layanan Cloud Computing akan menjadi dasar bisnis digital di masa depan.
  4. Kemanan data, Keamanan data perusahaan merupakan faktor penentu penting untuk layanan Cloud Computing. Penyedia layanan pasti memiliki standar keamanan terbaru dan ditinjau secara berkala. Calon pengguna cloud dapat menilai dari Komponen keamanan termasuk firewall, anti-virus, multi-factor user authentication, enkripsi data, dan audit keamanan.

 

Zimbra on Cloud

Sebagai salah satu platfrom email terbaik didunia saat ini, Zimbra juga memikirkan bagaimana layanannya dapat digunakan oleh semua pihak yang tentunya memiliki cara pandang dan strategi yang berbeda-beda. Menggunakan Zimbra on Cloud memungkinkan penggunanya untuk lebih optimal didalam menjalankan bisnisnya masing-masing tanpa harus memikirkan bagaimana mengelola infrastrukturnya sendiri. Ini tentu menjadi nilai tambah tersendiri khususnya bagi perusahaan yang ingin dapat menjalankan bisnisnya dengan lebih efisien dan efektif.

Tetapi masalah efektivitas masih ditentukan faktor-faktor lain, khususnya bagaimana sebuah perusahaan menjalankan strategi masing-masing perusahaannya. Contohnya ada perusahaan yang menggunakan model CAPEX based dan ada juga OPEX based, soal tersebut akan kita bahas pada artikel lain, di jabetto.com tentunya.

——

Artikel Lain :